Minggu, 22 Maret 2015

PERTEMUAN 3. PERANGKAT LUNAK



Post kali ini saya akan membahas tentang perangkat lunak sesuai dengan materi pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi.

Apa itu perangkat lunak?? 
Jawab: “perangkat lunak adalah software”
Apa itu software??
Jawab: “software adalah perangkat”
:) hehe :) just kidsing saja!!!

Baik perangkat lunak menurut pemahaman saya adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan perangkat keras. Dengan kata lain perangkat lunak (software) adalah jembatan bagi user dan perangkat keras (hardware).
Dibawah merupakan gambar fungsi perangkat lunak.

Dari gambar di atas saya simpulkan bahwa hubungan antara user dan perangakat keras tidak lepas dari fungsi software yang menjembatani antara user dan perangkat keras.
Perangkta lunak juga dibagi menjadi beberapa kategori di antaranya yaitu perangkat lunak bahasa (languange software) dan perangkta lunak aplikasi, contoh dari perangkat lunak aplikasi adalah database, audio, gambar, video dsb.
Ada bebrapa komponen dasar sistem perangkat lunak yaitu sistem operasi, device driver, program utilitas.
Sistem operasi menangani kontrol dan penggunaan sumber daya perangkat keras, termasuk ruang harddisk, memori, alokasi CPU time, dan perangkat periferal. Berikut adalah task yang dikerjakan oleh SO untuk Booting, Pengaturan CPU, Pengaturan File, Pengaturan Tugas ,Pengaturan Keamanan.
Device driver untuk menjalankan periferal perangkat keras, perangkat  periferal nya adalah mouse, scaner, printer, webcam, dsb.
Program utilitas untuk menjalankan tugas yang terkait dengan kontrol dan sumber daya komputer. Yagn bermanfaat untuk meningkatkan fungsionalitas sumber daya yang telah ada atau memberikan layanan baru yang tidak disediakan oleh perangkat lunak sistemnya. Contoh: back-up data, kompresi file, recovery data, mendeteksi masalah perangkat keras, dll.
Mengenai perangkat lunak yang di bahas di atas saya ambil kesimpulan bahwa perangkat lunak itu merupakan perngkat yang kita kenal sehari-hari dalam kehidupan kita. Perangkat lunak tidak akan bisa di pasahkan dengan perangkat keras karena saling berhubungan. Sebagai contoh perangkat lunak yang kita jumpai sehari-hari dalam kaehidupan kita adalah dari ponsel genggam yang kita miliki, atau dari leptop dan pc yang sering kita gunakan dalam keseharian kita. Di situlah kita seriong menjumpai perangkat lunak.
Demikian post kali ini mohon maaf jika banyak kesalahan dalam memahami materi ini, karena saya masih dalam proses pembelajaran.

Referensi : dosen Pengantar Teknologi Informasi Leonardi Paris H. S.Kom., M.Kom., M.Eng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar