Rabu, 18 Maret 2015

PERTEMUAN 2. INTERNET DAN WORLD WIDE WEB


INTERNET DAN WORLD WIDE WEB
Pada pertemuan ke-2 mata kuliah pengantar teknologi informasi kita membahas tentang INTERNET DAN WORLD WIBE WEB.
INTERNET
Pengertian internet dari sumber yang saya baca adalah merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lain yang membentuk sebuah jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, saling bertukar informasi atau tukar menukar data. Secara fisik, internet dapat digambarkan seperti jaring-jaring yang menyerupai jaring laba-laba yang menyelimuti bumi yang terhubung melalui titik-titik (node). Node dapat berupa komputer maupun peralatan (peripheral) lainnya. (https://nessaifana.wordpress.com/bab-1-pengertian-internet-dan-intranet/).
Ketika kita ingin mengakses informasi dari internet, tentu kita harus memiliki koneksi yang bisa di hubungkan dengan internet. Penghubung atau akses internet ada dua macam yaitu Narrowband dan Broadband, Narrowband adalah saluran komunikasi data pita sempit. Modem dial-up dengan bandwith rendah (koneksi internet melalui saluran telepon). Sedangkan Broadband adalah saluran komunikasi data pita lebar. Koneksi dengan bandwith cepat, mencakup sejumlah varian koneksi kabel (misal: coaxial dan serat optik), DSL (Digital Subcriber Line), satelit, dan koneksi nirkabel.

Kemudian jalur-jalur koneksi internet ada 3 yaitu:
Yang pertama adalah jalur ISDN (integrated Services Digital Network) ~ 64-128 kbps. Jalur ini yang sering kita gunakan saat ini. Jalur ini memiliki brandwitch yang rendah. Yang kedua adalah jalur DSL (Digital Subscriber Line) ~ 1.5 – 9 Mbps. Jalur ini sering kita gunakan juga. Dan jalur ini memiliki brandwitch yang rendah. Dan yang ketiga adalah Jalur T1 & T3 ~ 1.5 Mbps & 44.7 Mbps. Jalur ini memiliki brandwitch yang tinggi.
Ada beberapa koneksi nirkabel saat ini yang sering kita gunakan sebagai penghubung ketika kita ingin mengakses informasi dari internet yaitu:
Satelit Komunikasi – stasiun luar angkasa yang mentransmisikan microwave dari stasiun yang berada di bumi.
Wi-Fi (Wireless Fidelity) – rumpun standar 802.11 yang dibuat oleh IEEE (institute of Electrical and Electronic Engineers).
3G & 4G – teknologi nirkabel berkecepatan tinggi yang tidak membutuhkan access point (stasiun yang mengirim dan menerima data ‘dari’ dan ‘ke’ jaringan wi-fi) karena menggunakan sistem ponsel.
Ada tiga macam penyedia akses internet:
Penyedia Jasa Internet (ISP; Internet Service Provider).
Jasa Online Komersial adalah perusahaan berbasis keanggotaan yang tidak hanya menyediakan akses internet, tetapi juga konten khusus lainnya (berita, game, data finansial, dll). Cth; AOL dan MSN.
Penyedia Jasa Internet Nirkabel.

WORLD WIDE WEB
Bagian internet yang disebut web adalah teknologi berbasis multimedia yang memungkinkan untuk mengakses informasi.

URL (Uniform Resource Location) atau yang kita kenal dengan sebutan link adalah ada beberapaa bagian yang memiliki arti, yang di tunjukan di bawah ini.
 


Portal Web adalah sebuah portal yang bisa di akses oleh public untuk menemukan sebuah informasi, atau bisa juga di sebut mesin pencari. Ada 2 macam portal web yaitu:
Mega-portal: portal publik, misalnya; Yahoo, AOL, MSN, Lycos, Google, … (mesin pencari).
Vertical-portal: portal yang mengkhususkan diri pada komunitas tertentu, misalnya; fool.com (untuk investor), burpee.com (untuk para pekebun), searchnetworking.com (untuk para admin jaringan).
Sumber referensi:
·         dosen Pengantar Teknologi Informasi Leonardi Paris H. S.Kom., M.Kom., M.Eng.
·         internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar