Rabu, 11 Maret 2015

PERTEMUAN 1. PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI



PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi Informasi menurut saya adalah istilah berbagai macam hal yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi.
Teknologi Informasi menurut beberapa ahli bermacam-macam:
Menurut Haag & Keen (1996) teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Menurut Martin (1999) teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan informasi.
Menurut Williams dan Sawyer (2003) teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (Komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
Dari pengertian diatas maka dapat disimpulakn ada 2 teknologi yang mendasari teknologi informasi adalah sebagai berikut :
1.      Teknologi Komputer  
Adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan-peralatanyang berhubungan dengan computer seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM.
2.      Teknologi Komunikasi  
Adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh, seperti telepon, radio, dan televisi.

Kemudian ada beberapa arah perkembangan Teknologi Informasi yaitu:
1.      Tiga arah perkembangan komputer: Miniaturisasi, kecepatan, dan keterjangkauan. Artinya bahwa perkembangan komputer saat ini sudah sangat begitu pesat, semua itu bisa dilihat dari bentuk fisiknya yang semakin kesini semakin mudah untuk digunakan oleh setiap orang untuk melakukan berbagai kegiatannya, semakin cepat dalam proses olah datanya dan semakin terjangkau dalam segi harganya.
2.      Tiga arah perkembangan komunikasi: Konektivitas, interaktivitas, dan multimedia. Artinya bahwa komputer semakin multi fungsi untuk bisa digunakan sesuai kebutuhan setiap penggunanya.
3.      Ketika komputer dan komunikasi disatukan: Konvergensi, portabilitas, personalisasi, dan kolaborasi. Artinya bahwa teknologi komputer saat ini tidak hanya bisa digunakan oleh individu saja, tetapi juga bisa digunakan oleh suatu kelompok secara bersamaan.
4.      Permasalahan etika penggunaan TI. Hal ini lebih kepada perkembangan kejahatan teknologi yang sering terjadi sekarang ini. Contohnya pembobolan sebuah sistem teknologi yang sering dilakukan oleh penjahat komputer.


referensi
-dosen Pengantar Teknologi Informasi Leonardi Paris H. S.Kom., M.Kom., M.Eng.
-internet
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar