Pertemuan ini membahas mengenai teknik
pengumpulan data dan informasi. Untuk mendapatkan data bisa dilakukan dengan
cara Interview , Joint
application development (JAD), Questionnaire, Analisis dokumen dan Observasi.
Interview.
Dari yang
saya dapatkan dalam perkuliahan ini bahwa langkah-langkah dalam interview
yaitu;
a.
Tentukan tujuan dari wawancara.
b.
Pemilihan Narasumber/Responden (orang
yang diwawancarai).
c.
Perancangan
Pertanyaan Interview.
d.
Persiapan Interview.
e.
Pengarahan Interview.
f.
Tindak Lanjut Setelah Interview.
Di bagian
perancangan pertanyaan terdapat tiga jenis pertanyaan;
1.
Closed-Ended Questions
Closed-Ended
Questions menurut
pemahaman saya ini merupakan pertanyaan yang sudah di
ketahui atau di prediksi oleh kita, tetapi kita ingin mendapat sebuah
kepastian.
2.
Open-Ended Question
Open-Ended
Question ini
merupakan pertanyaan yang spesifik yang melibatkan dari unsur internal
organisasi.
3.
Probing Question
Probing
Question adalah
lanjutan pertanyaan dari pertanyaan yang sebelumnya.
Joint application development (JAD).
Joint application development menggunakan teknik seperti rapat
atau diskusi dalam mengumpulkan informasi kebutuhan sistem secara simultan dari orang-orang
di posisi penting yang terlibat didalam sistem. Berbeda
dengan wawancara perorang yang berbeda tempat dan waktu, JAD
dikumpulkan bersama, dengan satu tempat dan satu waktu. Hasil dari JAD adalah
dokumen tentang detail pekerjaan dari sistem saat ini dihubungkan dengan studi
dengan sistem perbaikannya.
Contoh
gambar dari tempat pengumpulan data menggunakan teknik JAD;
Questionnaire.
Questionnaire adalah kumpulan pertanyaan tertulis, sering digunakan untuk sejumlah
besar orang. Biasanya diisi pada kertas atau
elektronik (online).
Langkah-langkahnya
yaitu;
·
Pilih Partisipan
dengan menggunakan sampel dari populasi.
·
Rancangan Pertanyaan
untuk kejelasan dan analisis kasus.
·
Administrasikan daftar pertanyaan dan ambil langkah untuk
mendapatkan tanggapan yang baik.
·
Daftar pertanyaan dilanjuti dengan membuat laporan.
Analisis dokumen.
Analisis dokumen yaitu mempelajari
material (dokumen-dokumen) yang ada pada sistem yang berjalan.
Dokumen yang
digunakan yaitu:
·
Form/Laporan
·
Kebijakan
manual
·
Gambar
Organisasi yang menerangkan sistem formal
Observasi.
Observasi ini yaitu teknik yang di
gunakan dalam mengumpulkan data secara langsung. Kita bisa memperhatikan sebuah
system yang sedang berjalan. Dan kita membuat laporan dari apa yang kita
ketahui sesuai dari pengamatan kita pada system tersebut. Tetapi jangan sampai
kita membuat laporang yang tidak sesuai dengan system tersebut.
Mungkin itu saja untuk materi ini
semoga blog ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf lagi jika ada
kekurangan dan kesalahan dalam pemaparan materi, mohon di maklum saja saya kan
masih dalam proses belajar, namanya juga belajar kalo ada kesalahan mah itu
sesuatu yang wajar. Terimakasih.
Referensi
:
dosen matakuliah Analisis Proses Bisnis Leonardi Paris H. S.Kom., M.Kom., M.Eng.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar