Minggu, 04 Oktober 2015

APB: Pertemuan 2. Analisis Proses Bisnis



Masih pada bahasan analisis proses bisnis dimana proses bisnis itu adalah Suatu kumpulan aktivitas pekerjaan yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu.

Menurut saya analisis proses bisnis bisa dilakukan pada dua hal yaitu yang di sebut dengan as-is system atau sistem saat ini (current) yang belum atau sudah terkomputerisasi dan to-be system atau sistem baru hasil evaluasi dan perbaikan sesuai kebutuhan. 

Cara menganalisis itu bagai mana?? Ini diagramnya;

 


Proses bisnis terdiri dari bebepara komponen yaitu tujuan, batasan, input, output, sumber daya, urutan aktivitas, struktur organisasi , menghasilkan suatu nilai (value) untuk stakeholder.
Beberapa karakteristik dari sistem proses bisnis yaitu;
 
  • Komponen-komponen (components)
  • Batasan sistem (boundary)
  • Lingkungan luar sistem (environment)
  • Penghubung (interface)
  • Masukan (input)
  • Keluaran (output)
  • Proses (process)
  • Sasaran (objective) atau Tujuan (goal)


Nah dalam suatu proses harus memiliki tujuan yang jelas atau untuk apa proses itu dikerjakan. Tujuan umum dari proses bisnis adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam organisasi/perusahaan. Berujung pada meningkatnya persaingan terhadap kompetitor dan berakhir pada meningkatnya bisnis dalam sebuah perusahaan. Seiring berkembangnya persaingan dalam dunia bisnis, setiap perusahaan harus cepat dalam merespon baik terhadap kompetitor maupun pelanggan.
Suatu proses bisnis harus mempunyai batasan dan  ruang lingkup proses harus terdefinisi dengan jelas agar tidak keluar dari lingkup proses yang di analisis.
Suatu hal yang utama pada bahasan ini yaitu pemahaman kita pada suatu proses bisnis agar dapat memberikan suatu batasan  agar suatu proses bisnis supaya tidak keluar dari apa yang menjadi tujuan di awal.

Mungkin itu saja untuk materi ini semoga blog ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Mohon maaf lagi jika ada kekurangan dan kesalahan dalam pemaparan materi, mohon di maklum saja saya kan masih dalam proses belajar, namanya juga belajar kalo ada kesalahan mah itu sesuatu yang wajar. Terimakasih.

Referensi : dosen matakuliah Analisis Proses Bisnis Leonardi Paris H. S.Kom., M.Kom., M.Eng.
                                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar